Sabtu, 27 Maret 2010

Psikologi Massa

Setiap manusia pada umunya jika mengerjakan segala sesuatu bersama-sama, mereka akan merasa lebih nyaman. Contohnya : kawanan burung, tidak pernah pergi sendiri-sendiri, dan akan membentuk formasi ”V”. Selain itu, kawanan ikan , pada dasarnya akan selalu mengikuti pemimpinnya.
Seseorang yang sendirian dan berkelompok memiliki perilaku yang berbeda. Perubahan perilaku disebabkan oleh kelompok.



Kita bersama-sama dalam kelompok, kita merasa nyaman untuk melakukan hal dan kegiatan apa saja disebabkan karena :


1.Adanya anonimitas
Seseorang menjadi terselubung identitasnya karena berada dalam suatu kelompok. Muncul emosi-emosi baru, contoh : marah, emosi liar. Contoh lainnya : dalam demonstrasi, hanya 1-2 orang yang dikenal oleh publik (provokator).

2.Hilangnya tanggung jawab pribadi
Karena seseorang terbiasa bersama-sama dalam suatu kelompok, ia tidak memikirikan resiko dalam melakukan suatu hal (tidak merasa bersalah). Akan tetapi jika tidak terdapat stimulus (rangsangan), tetap aman dari adanya konflik, contohnya adalah kerumunan dan belum tentu spontan.

3.Pikiran seseorang yang berada dalam kerumunan atau kelompok dengan yang sendiri berbeda
Contohnya, dalam kerja kelompok, ada pembagian tugas antara anggota-anggota di dalam kelompok tersebut, dibandingkan kerja secara individu yang tanggung jawab hanya ditanggung perseorangan.

4.Kelompok dengan jumlah orang yang banyak biasanya melakukan tindakan yang dramatik dan tiba-tiba
Contohnya : kerusuhan tahun 1998 , dimana setiap orang melakukan tindakan yang dramatik dan tiba-tiba dari peristiwa tersebut.



EMOSI

Emosi bukan hanya merupakan perasaan negatif, akan tetapi juga merupakan suatu perasaan yang positif dari suatu kerumunan. Ada 3 emosi yang biasanya terjadi di dalam suatu keramaian/ crowd, antara lain :
- Rasa takut, biasanya ditunjukkan oleh reaksi panik
Image and video hosting by TinyPic

- Rasa senang, biasanya ditunjukkan pada saat konser, kecuali dalam konser Ballad.(biasanya pada konser rock, dll)
Image and video hosting by TinyPic
- Rasa marah, ditunjukkan oleh perilaku yang kasar.
Image and video hosting by TinyPic


PUBLIK

Suatu Crowd/Keramaian menunjukkan 1 emosi umum, dari publik yang mendiskusikan 1 persoalan saja.

The Mass (Massa)
- Terkait dengan penggunaan media
- Media massa hanya menggunakan 1 produk untuk para aktor/aktris untuk menimbulkan kesan produk yang terbaik (dengan iklan).

The Social Movement
- Contohnya, revolusi Prancis (aktif)
- (ekspresif), contohnya : kelompok pecandu alkohol, mereka berkumpul agar dapat sembuh dari kecanduan alkohol tersebut dan membuat suatu perkumpulan di antara orang-orang yang memiliki kesamaan dengan mereka, dengan tujuan untuk menghilangkan kebiasaan buruk mereka.
- Tidak selentur gerakan lainnya
- Gerakan sosial dapat menjadi institusi/ lembaga sosial

Pendapat kami:
Mahluk hidup, selalu hidup bersosialisasi atau bersama-sama dan akan merasakan kenyamanan dalam hidup mereka. Manusia memiliki sifat yang selalu berbeda-beda. Kita dapat menemukan, orang yang pendiam tiba-tiba menjadi bawel saat bertemu dengan temannya. Hal tersebut dapat kita kenal sebagai psikologi massa. Dimana orang yang sendiri dapat berperilaku beda saat bersama kelompoknya.
Dan hal tersebut bukan hal asing lagi, dimana sekumpulan massa dapat berbuat apa saja. Hal ini memiliki sisi positif dan negatif.
Positifnya, gerakan massa mendukung batik, pulau komodo, dan lain-lain membuat suatu kekuatan yang kuat untuk memajukan negara. Namun sisi negatifnya, massa dapat saja dipengaruhi oleh oknum yang tak bertanggung jawab dan menjadikan sekumpulan massa tersebut memiliki kemampuan untuk menghancurkan, seperti demonstarasi yang berujung anarkis.
Salah satu solusi yang terbaik, adalah komunikasi. Dengan komunikasi yang baik,maka hal-hal yang kurang baik dapat dicegah. Misalnya dengan adanya komunikasi dari pihak yang menyatakan rasa bersalah dan meminta maaf, dapat membuat sekelompok massa tidak berbuat anarkis.



Dosen : Dra. Henny E. Wirawan M.Hum, Psi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar