Artikel
Dari kelas Kapita Selekta yang membahas mengenai Semiotik, dapat diketahui bahwa Semiotik ialah ilmu mengenai tanda. Jadi setiap tanda itu pasti memiliki makna.
Dalam semiotika, Saussure menyebutkan mengenai petanda dan penanda, dan hubungan antara penanda dan petanda biasa disebut pertandaan (signifikasi). Pada "Semiotik Logo Perusahaan" ini akan dibahas mengenai bagaimana semiotik termasuk pandangan orang terhadap logo perusahaan khususnya Carrefour dan Toblerone. Disini diketahui bahwa dalam membuat sebuah logo bagi perusahaan harus memperhatikan falsafahnya sehingga sesuai dengan perjalanan si perusahaan.
Dalam semiotika, Saussure menyebutkan mengenai petanda dan penanda, dan hubungan antara penanda dan petanda biasa disebut pertandaan (signifikasi). Pada "Semiotik Logo Perusahaan" ini akan dibahas mengenai bagaimana semiotik termasuk pandangan orang terhadap logo perusahaan khususnya Carrefour dan Toblerone. Disini diketahui bahwa dalam membuat sebuah logo bagi perusahaan harus memperhatikan falsafahnya sehingga sesuai dengan perjalanan si perusahaan.

Jika dikaitkan dengan definisi tanda oleh Peirce dan Saussure dapat diketahui bahwa kata “Carrefour” sebagai Penanda (aspek material dari bahasa), lambang Carrefour yang berbentuk 2 anak panah yang saling membelakangi membentuk huruf “C” sebagai Interpretant (konsep bentuk logo dalam pikiran), dan Logo Carrefour yang dilihat sebagai Objek.




Selain kedua contoh diatas ada pula mengenai Logo Starbucks. Dimana selama beberapa kali mengalami perubahan logo, ternyata sosok Syren (manusia setengah ikan dari mitologi Yunani) tetap dipertahankan karena sosok syren di anggap dapat menarik perhatian para pria dan wanita. Citra pada Starbucks sendiri juga terbentuk karena sosok syren, yaitu citra perempuan dan citra seksisme dan sensualitas. Citra perempuan ini menggambarkan pergaulan, sedangkan citra seksisme dan sensualitas yang mempunyai daya tarik luar biasa serta selalu menarik untuk dibicarakan.
Disusun oleh : Vivi - 915070029
Tidak ada komentar:
Posting Komentar