Minggu, 30 Mei 2010

Modalitas komunikasi

Dalam memberi penilaian akan suatu hal diperlukan 3 hal, yaitu :

1. Rasio

Rasio adalah akal sehat yang memungkinkan manusia lebih dari mahluk hidup lainnya. Rasiopun dapat positif maupun negatif. Rasio positif bersifat membangun, sedangkan rasio negatif bersifat merusak, baik untuk diri sendiri ataupun kepada orang lain atau lingkungan. Rasio berpikir secara deduktif.

2. Indra / empirik

Empirik adalah cara berpikir yang didukung menggunakan data data dalam berargumentasi tidak hanya berpikir secara teoritis saja. Indra manusia banyak kalah dengan hewan karena indra cenderung berpikir induktif

3. Intuisi

Intuisi manusia muncul dr informasi yang kaya hasil penghayatan mendalam dan tersimpan dalam alam bawah sadar. Dapat mengingat hal tanpa kita sadari / alam bawah sadar.

Otak kita tidak suka melihat gambar-gambar yang membuatnya meloncat-loncat dengan cepat dari suatu perspektif ke perspektif lainnya. Intuisi tiba-tiba, terjadi di alam bawah sadar. Intuisi adalah perasaan yang sudah diolah atau lebih tajam. Ada keyakinan bahwa sesuatu akan terjadi.

Otak membandingkan suatu hal dengan apa yang pernah terjadi pada hidup kita, semakin banyak pengalaman maka semakin besar intuisi. Setiap orang mempunyai kemampuan mengamati., tapi ada juga intuisi yang salah karena didasarkan pada pengalaman kita, tidak ada bukti yang konkret.

Dalam komunikasi kita mengalami kendala antropologis seperti ras, suku, dan lain-lain. Kendala ini mempengaruhi indera kita. Semua ini dipengaruhi oleh sudut pandang.

Orang selalu ingin melebur pada kelompok besar, hal ini juga terjadi pada komunikasi.

Intuisionisme

Intusionis mengklaim bahwa matematika berasal dan berkembang di dalam pikiran manusia. Ketepatan dalil-dalil matematika tidak terletak pada simbol-simbol di atas kertas, tetapi terletak dalam akal pikiran manusia. Hukum-hukum matematika tidak ditemukan melalui pengamatan terhadap alam, tetapi mereka ditemukan dalam pikiran manusia.

Membandingkan kecerdasan hewan dengan manusia

Bahasa merupakan alat pemicu dari indra rasio dan insting.


Dosen : Bapak Shidarta


Disusun oleh : Selvi Agustina - 915070011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar