Rabu, 23 Juni 2010

Replika Arsitek

Pada pembahasan Simbol dan Arsitektur di mata kuliah Kapita Selekta oleh bapak Eduard Tjahjadi, secara singkat dapat kita pelajari bahwa sebuah gedung atau bangunan mempunyai simbol-simbol yang tersembunyi. Pada Replika Arsitek ini, akan dibahas tentang kemiripan bangunan-bangunan lain yang menyerupai bangunan asli. Simbol yang tersembunyi dapat beraneka ragam. Seni, kekaguman, makna yang hendak di ambil dan lain-lain dapat menjadi makna mengapa banyak gedung baru menyerupai gedung-gedung bersejarah.

1. Perumahan Citra Raya
Salah satu perumahan yang terletak di Tangerang ini, mempunyai gerbang perumahan yang unik. Gerbang yang menjulang cukup tinggi dan terdapat beberapa ekor kuda hijau yang seakan berdiri.
Mungkin, banyak orang yang belum mengetahui, bahwa gerbang perumahan Citra Raya ini hampir mirip dengan salah satu bangunan sejarah di Berlin.

Brandenburger Tor - Berlin
dengan Citra Raya - Tangerang


Pada kedua gambar tersebut, dapat dilihat, ada beberapa kemiripan. Kuda, susunan gerbang dan warna. Citra Raya menyebut dirinya sebagai Kota Nuansa Seni. Mungkin, gerbang perumahan ini memiliki simbol seni yang tidak sengaja serupa dengan Brandenburger Tor. Atau, konsep dari gerbang Citra Raya ini mengikuti Brandenburger Tor karena keindahan bangunan tersebut.

2. Capital Gate Tower
Menara miring Pisa, sepertinya harus memiringkan bangunannya lagi. Bangunan Capital Gate Tower adalah gedung yang akan menggantikan menara Pisa sebagai bangunan miring. Capital Gate Tower dibangun di Abu Dhabi, dengan rancangan kemiringan 4 kali dari menara Pisa yakni sekitar 18 derajat. Perusahaan kontraktor bangunan ini bahkan hendak mendaftarkan Capital Gate Tower sebagai bangunan termiring di dunia.

Menara Pisa dibandingkan dengan Capital Gate Tower


Tujuan pembangunan Capital Gate Tower ini, mungkin mengandung simbol teknologi dan kemewahan dari Dubai dengan konsep dari Menara Pisa yang miring karena faktor alam, tapi Capital Gate Tower karena faktor manusia.

Dari kedua contoh arsitek tersebut, kemiripan gedung yang satu dengan yang lainnya dapat saja terjadi karena berbagai faktor. Disengaja atau tidak, selain kedua contoh arsitek tersebut, dapat Anda temukan bangunan lain yang serupa.

Sumber Gambar:
http://www.inf.fu-berlin.de/inst/ag-bg/wuhan2002/conference/
http://lv.tixik.com/image-427204.htm
http://blogs.nlb.gov.sg/ask/history/828
http://bennlucky7.wordpress.com/2009/11/05/capital-gate-tower/


Disusun oleh: Michele Vannessha - 915070013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar